GAMBARAN PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER 1 TENTANG EMESIS GRAVIDARUM DI BPS RIA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2011


Widia Restiani, 2011

ABSTRAK

 

Mual (nausea) dan muntah (emesis gravidarum) adalah gejala yang sering terjadi pada 60-80% primigravida dan 40-60% pada multigravida. Kedua hal ini merupakan gejala yang normal dan sering didapati pada sebagian besar ibu hamil.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester I Tentang Emesis Gravidarum Di BPS Ria Natar Lampung Selatan Tahun 2011. Subyek penelitian ini adalah seluruh ibu primigravida trimester 1. Adapun obyek yang menjadi penelitian ini adalah Pengetahuan ibu tentang emesis gravidarum.

Penelitian ini dilaksanakan di BPS Ria Natar Lampung Selatan. Penelitian ini merupakanpenelitiandeskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu Primigravida Trimester I pada bulan Mei-Juni tahun 2011 di BPS Ria Natar sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dan sampel nya yaitu Seluruh ibu Primigravida Trimester I pada bulan Mei-Juni tahun 2011 di BPS Ria Natar sebanyak 25 orangAnalisis yang digunakan adalah perhitungan statistic sederhana yaitu presentasi atau proporsi.

Dari penelitian menunjukan bahwa pengetahuan ibu primigravida trimester 1 tentang emesis gravidarum dengan kategori baik 6 (24%)dan yang kurang 6 (24%) dan yang berpengetahuan cukup 4 (16%) dan sebagian besar responden di BPS Ria Natar Lampung Selatan Tahun 2011 pengetahuan tentang emesis gravidarum yaitu kurang sekali sebanyak 9 orang (36%).

Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden di BPS Ria Natar Lampung Selatan Tahun 2011 pengetahuan tentang emesis gravidarum yaitu kurang sekali sebanyak 9 orang (36%).

Kata Kunci : Pengetahuan, Emesis Gravidarum

Tinggalkan komentar